Samawigod’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Awloh Bersumpah Demi Ciptaan-ciptaanNya (versi Islam); sedangkan YHWH (versi awal Samawi) Bersumpah Hanya Demi DiriNya Sendiri

Posted by samawigod on May 5, 2008

tulisan ini dikutip dari forum http://faithfreedom.myforumportal.com/forum/viewtopic.php?

t=1493&postdays=0&postorder=asc&start=60

inilah ayat2 yg menunjukkan bhw Awloh (versi Islam) bersumpah demi ciptaan2Nya, sedangkan YHWH hanya bersumpah demi Namanya/DiriNya sendiri.

Manusia kalo bersumpah, pasti demi sesuatu yg lebih tinggi darinya. Biasanya sih DEMI TUHAN, kalo muslim biasanya DEMI AUWLOH. Nggak ada ceritanya manusia bersumpah demi meja, kursi, lemari dll yg lebih rendah dr manusia atau buatan manusia.

Lha terus skrg Tuhan kalo bersumpah demi siapa???

Kalo auwloh:

Quote:
QS 56:75-79
Maka Aku bersumpah dengan tempat beredarnya bintang-bintang. Sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahui, sesungguhnya Al Qur’an ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauh Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan.

QS 75:1-3
Aku bersumpah dengan hari kiamat, dan aku bersumpah dengan jiwa yang amat menyesali (dirinya sendiri). Apakah manusia mengira, bahwa kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya?

QS 81:15-25
“Sungguh, Aku bersumpah demi bintang-bintang yang beredar dan terbenam, demi malam apabila telah hampir meninggalkan gelapnya, dan demi subuh apabila fajarnya mulai menyingsing, sesungguhnya Al Qur’an itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai ‘Arsy (Tahta), yang dita’ati di sana (di alam malaikat) lagi dipercaya. Dan temanmu (Muhammad) itu bukanlah sekali-kali orang yang gilla. Dan sesungguhnya Muhammad itu melihat Jibril di ufuk yang terang. Dan Dia (Muhammad) bukanlah seorang yang bakhil (pendusta) untuk menerangkan yang ghaib. Dan Al Qur’an itu bukanlah perkataan syaitan yang terkutuk”

QS 84:16-19
Maka sesungguhnya Aku bersumpah dengan cahaya merah di waktu senja, dan dengan malam dan apa yang diselubunginya, dan dengan bulan apabila jadi purnama, sesungguhnya kamu melalui tingkat demi tingkat (dalam kehidupan).

QS 90:1-4
Aku benar-benar bersumpah dengan kota ini (Mekah), dan kamu (Muhammad) bertempat di kota Mekah ini, dan demi bapak dan anaknya. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.


Kalo YHWH:

Quote:
Ibrani 6:13 Sebab ketika Allah memberikan janji-Nya kepada Abraham, Ia bersumpah demi diri-Nya sendiri, karena tidak ada orang yang lebih tinggi dari pada-Nya,
6:14 kata-Nya: “Sesungguhnya Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan akan membuat engkau sangat banyak.”
6:15 Abraham menanti dengan sabar dan dengan demikian ia memperoleh apa yang dijanjikan kepadanya.
6:16 Sebab manusia bersumpah demi orang yang lebih tinggi, dan sumpah itu menjadi suatu pengokohan baginya, yang mengakhiri segala bantahan.
6:17 Karena itu, untuk lebih meyakinkan mereka yang berhak menerima janji itu akan kepastian putusan-Nya, Allah telah mengikat diri-Nya dengan sumpah,
6:18 supaya oleh dua kenyataan yang tidak berubah-ubah, tentang mana Allah tidak mungkin berdusta, kita yang mencari perlindungan, beroleh dorongan yang kuat untuk menjangkau pengharapan yang terletak di depan kita.

Auwloh besumpah demi benda2 ciptaan Tuhan, sama spt manusia yg bersumpah demi meja, kursi, lemari dll.
YHWH bersumpah demi Diri-Nya sendiri. Krn TIDAK ADA yg lebih tinggi dari-Nya.

Bisa bedain nggak Tuhan yg asli sama yg jadi2an??? Very HappyVery HappyVery Happy

Inilah penjelasan seputar ayat2 pd PL dan PB yg bagi muslimers menunjukkan YHWH jg bersumpah atas ciptaanNya (dlm hal ini Yakub). Ini kita bantah secara logis dengan membandingkan terjemahan secara interlinear.

Shalom kpd. Muslimers sedunia;

Kiranya damai Buddha Gautama menyertai kita semua,

Hemm…. ada perkara ‘kecil’ rupanya. Perkara ini ibarat “Gunakanlah bahasa Indonesia yg baik dan benar”. Baiklah, marilah kita lihat dimana kira2 letak kesalahan berbahasa Indonesia dalam perkara kecil itu.

Karena dikutip sebagian, maka sy quote ayat2 yg seutuhnya.

Penjelasan Ibr 6:13 :

Ibr 6:13 Sebab ketika Allah memberikan janji-Nya kepada Abraham, Ia bersumpah demi diri-Nya sendiri, karena tidak ada orang yang lebih tinggi dari pada-Nya, (versi: Indonesia Katolik -Terjemahan Baru)
Heb 6:13 For God making promise to Abraham, because he had no one greater by whom he might swear, swore by himself, (versi: Douay Rheims Inggris Katolik)
Heb 6:13 For God bihetinge to Abraham, for he hadde noon grettere, bi whom he schulde swere, swoor bi hym silf, (versi: Transliteral Ibrani-Inggris JPS 1917)

Pada Ibr/Heb penulis menceritakan bagaimana seorang Rasul/Apostel memberikan pengajaran kpd murid2nya. Tema pengajaran ttg Janji Allah kpd Abraham. Allah berjanji bhw Allah akan memberikan yg terbaik bg keturunan2nya sampai akhir jaman. Penulis menceritakan ttg Sang Rasul yg menegaskan bhw sbg anak2 Abraham sdh tentu menerima Janji Allah tadi, dan tdk perlu khawatir karena Janji itu sudah dimateraikan Allah dgn Sumpah atas namaNya sendiri!
Saya tidak mengecek ayat-ayat yg sblmnya, tapi sdh seharusnyalah Sang Rasul menegaskan terlebih dahulu bahwa yg dimaksud dgn anak2 Abraham adlh semua org yg seturut Kehendak Allah, tdk dlm kaitan biologis lagi! (bukankah dalam ajaran Islam jg diajarkan bhw muslim jg anak2 Abraham atau Abraham adalah bapa seluruh org beriman ????).

Dalam Ibr 6:16-18 yang masih perikop/cerita dgn Ibr 6:13 malah dijabarkan detil definisi Sumpah Allah yg dimaksud.

Ibr 6:16 Sebab manusia bersumpah demi orang yang lebih tinggi, dan sumpah itu menjadi suatu pengokohan baginya, yang mengakhiri segala bantahan.
Ibr 6:17 Karena itu, untuk lebih meyakinkan mereka yang berhak menerima janji itu akan kepastian putusan-Nya, Allah telah mengikat diri-Nya dengan sumpah,
Ibr 6:18 supaya oleh dua kenyataan yang tidak berubah-ubah, tentang mana Allah tidak mungkin berdusta, kita yang mencari perlindungan, beroleh dorongan yang kuat untuk menjangkau pengharapan yang terletak di depan kita.

Jadi, Ibr 6 bertujuan utk:
1. Menegaskan Janji Allah kepada seseorang (Abraham) akan tergenapi bagi keturunannya yaitu org2 yg seturut Kehendak Allah; dan
2. Menegaskan bahwa Janji itu berbentuk Sumpah!

Penjelasan Amos 8:7 :

Amos 8:7 TUHAN telah bersumpah demi kebanggaan Yakub: “Bahwasanya Aku tidak akan melupakan untuk seterusnya segala perbuatan mereka! (versi: Indonesia Katolik -Terjemahan Baru)
Amos 8:7 The Lord hath sworn against the pride of Jacob: surely I will never forget all their works . (versi: Douay Rheims Inggris Katolik)
Amos 8:7 The LORD hath sworn by the pride of Jacob: Surely I will never forget any of their works. (versi: Transliteral Ibrani-Inggris JPS 1917)

Pada Amos 8:7 tujuan penulis Kitab ini juga memiliki kedua tujuan yg sama spt pada Ibr. Jika Anda mengecek dalam satu perikop Amos 8: 1-14, maka Anda dpt melihat bhw penulis tdk menekan/menjabarkan secara langsung definisi Sumpah Allah itu. Tetapi penulis masih memberikan penjelasan lain yg secara tidak langsung mendefinisikan Sumpah Allah tsb. Berikut ini sy hanya menghadirkan 2 ayat.

Am 8:13 Pada hari itu akan rebah lesu anak-anak dara yang cantik dan anak-anak teruna karena haus;
Am 8:14 mereka yang bersumpah demi Asima, dewi Samaria dan yang berkata: Demi allahmu yang hidup, hai Dan! serta: Demi dewa kekasihmu yang hidup, hai Bersyeba! mereka itu akan rebah dan tidak akan bangkit-bangkit lagi.”

Melalui kedua ayat tsb penulis memberi penegasan bhw Sumpah Allah kepada Yakub itu pasti tergenapi, tdklah seperti sumpah manusia apalagi sumpah manusia kpd Dewa2 Pagan. Dengan demikian ini mengisyaratkan bhw Sumpah Allah di sini sama dengan definisi Sumpah Allah pada Ibr 6 tadi!

Sekilas lalu, dalam teks Indonesia Anda akan melihat bhw kata “demi” pada Ibr 6:13 dan Am 8:7 mengandung pengertian yg sama, yaitu: “in the name of” (kira2 begitu dalam bhs inggris sehari2). Silahkan Anda bersikukuh dgn pendapat seperti di atas, akan tetapi sy mencoba utk memberikan beberapa versi terjemahan Ibr 6:13 dan Am 8:7 spy dpt Anda perbandingkan bhw kata “demi” utk masing-masing ayat berasal dari kata/sekumpulan kata yg berbeda dgn maka yg berbeda pula.

Kesimpulan:
Kitab Ibr 6:13 dan Amos 8:7 menekankan bhw Janji itu berupa Sumpah Allah atas Nama Allah sendiri, bukan sumpah manusia yang sia-sia, kpd umat pilihanNya. So, ini adalah perkara redaksional si pengarang ato penterjemah yg ga sama. hehehehehe Wink

NB:
Kalo yg ini ayatnya ga jelas dan sumbernya dr mana ????? hemmm……mhn diberikan yg lengkap:
100:1. Demi kuda perang yang berlari kencang dengan terengah-engah ???? (quote dari gaston31 Rolling Eyes )

NB: sumber ayat2: http://www.ekaristi.org/bible/index.php

Ditulis utk dipahami bkn dikangkangi. Wassalam. Smile

OK dech, gw ulangi lagi:

1. tanpa melihat terjemahan lain, gw udah jelasin Amos 8:7 dan Ibr 6:13 dalam konteks perikop/nats nya masing2 spy dpt ditangkap rohnya kata “demi” itu di masing2 ayat.

2. nah, spy lebih fokus ke Amos 8:7 dan Ibe 6:13 (tanpa melihat konteks perikopnya) maka gw jelasin dech arti masing2 terjemahan utk kedua ayat itu. lihat di bwh:

Amos 8:7
.. telah bersumpah demi kebanggaan …. (ver: IndKat -Terj Bar)
.. hath sworn against the pride……. (ver: Douay Rheims Ingg Kat)
..hath sworn by the pride…… (ver: TII JPS 1917)

against = terhadap kebanggaan; by = oleh/demi kebanggaan (jelas! dari ke-2 kata tdk ada yg memiliki arti “untuk kebanggaan”)

Ibr 6:13
…… bersumpah demi diri-Nya sendiri ….. (ver: Indo Katolik -Terj Baru)
…… might swear, swore by himself, (ver: Douay Rheims Inggris Katolik)
…… schulde swere, swoor bi hym silf, (versi: TII JPS 1917)

swore by himself = swoor bi hym silf = disumpah oleh dirinya sendiri (passive voice) …….. jelas menyatakan: Tuhan sendirilah yg melakukan Sumpah.

Jelaskan! Ada perbedaan arti signifikan kata “demi” pada Amos 8:7 dan Ibr 8:13 !!!

ngerti ora, son????

ANDA tidak mengerti ……> kita STOP sampai di sini;
ANDA ngerti, tapi masih ga terima ????????? Masya Olloh !!!!!!!!!!! ……..> kita STOP;
ANDA diam aja ga ngasi comment lagi ……..> kita STOP dengan sendiri;
Anda ngerti dan terima kenyataan kebenaran ………> kita LANJUT TOPIK BERIKUTNYA! Smile gampangkan! Smile .

NB:
jgn disinggung ttg……….:
1. Apa itu KEBANGGAAN …. jadinya OOT;
2. adanya pendapat bhw PB diputarbalikkan oleh PAULUS…bla..bla . kita hanya memperdebatkan apa yg ‘tertulis di PB’ nya org Kristen. thats all! jika anda ngotot….. berarti OOT alias hentikan diskusi aja! ttg PB dan PAULUS dpt dibuat thread tersendiri.
3. Nyinggung Trinitas…..OOT jg, ntar di thread lain aja!

THREAD INI HANYA PENGEN BUKTIKAN BHW:
ALLAH TRINITAS ITU BERSUMPAH ATAS NAMA ALLAH SENDIRI, SEDANGKAN OLLOHNYA ISLAM BERSUMPAH ATAS BENDA2 CIPTAAN ALLAH. THATS ALL!!!

MELALUI PENJELASAN-PENJELASAN PIHAK KRISTEN/NONMUSLIM/ATHEIS VS MUSLIM YG ADA DI THREAD INI SILAHKAN AMBIL KESIMPULAN MASING2 DLM HATI JIKA TDK INGIN ORG LAIN MENGETAHUI.

Ditulis utk dipahami bkn dikangkangi. Wassalam.

Kesimpulan: Tdk dpt dipungkiri bhw Awloh (versi Islam) itu memang bersumpah demi CiptaanNya. Yah, sekali lagi terbukti bhw Alquran adalah jiplakan yg sangat amburadul. Silahkan muslim lain yg ingin menanggapi.

————————————————————————————-
“Kepada perkara-perkara remeh mereka permasalahkan dan besar-besarkan, tetapi perkara-perkara hakiki mereka sangkal dan tutup-tutupi. Itulah orang bodoh dan bebal”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: